BENTUK DAN PEYUSUN BENDA DAN SIFATNYA


BENTUK DAN PEYUSUN BENDA DAN SIFATNYA
A.    Sifat-Sifat Bahan dan Penyusunnya
1.      Jenis Bahan Berdasarkan Struktur Penyusunnya
Tali yang tersusun dari serat dan benang memiliki sifat lentur dan kuat. Karena sifatnya itu, tali mudah dililitkan dan dibuat menjadi simpul. Selain bersifat lentur tali juga sangat kuat sehingga dapat digunakan untuk menarik benda, seperti pada saat mobil atau truk mogok.


2.      Penggunaan Bahan Berdasarkan Struktur Penyusunnya
Bahan yang menyusun suatu benda mempengaruhi kegunaan benda tersebut. Bambu dapat digunakan untuk membuat pagar dan kursi atau jika dianyam dapat dibuat bilik. Rotan dapat digunakan untuk bahan pembuatan kursi. Namun demikian, tidak semua kursi terbuat dari kayu, bambu, ataupun rotan. Plastik juga dapat digunakan untuk membuat kursi dan benda-benda lainnya. Bahan penyusun benda ini tentu mempengaruhi kegunaannya. Kursi yang terbuat dari kayu atau rotan memiliki sifat yang berbeda dengan kursi.
B.     Hubungan Antara Jenis Bahan dan Kekuatannya
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai bahan-bahan penyusun benda beserta sifatnya, perhatikan uraian berikut ini.
a.      Kayu
Kayu memiliki sifat tidak menghantarkan panas. Sifat kayu lainnya adalah mudah dibentuk dan dihaluskan.

b.      Plastik
Plastik memiliki sifat ringan, tahan air, lentur, tidak menghantarkan listrik, dan mudah dibentuk.


c.       Karet
Karet memiliki sifat lentur, kenyal, tidak menghantarkan listrik dan panas, kuat, dan mudah dibentuk.


d.      Bambu
Bambu memiliki sifat lentur, kuat, dan berserat halus sehingga banyak juga digunakan untuk membuat kerajinan beruapa anyaman.
e.       Kaca

Kaca memiliki sifat tembus pandang, mudah dibentuk, mudah pecah, dan warnanya benin.




2.Membandingkan Kekuatan Beberapa Jenis Benang
Kekuatan suatu bahan sangat bergantung pada jenis bahan yang menyusunnya. Sebagai contohnya adalah benang. benang. Benang ada yang dibuat dari serat wol, ada pula yang dibuat dari serat nilon dan kapas. Masing-masing benang yang dihasilkan dari ketiga jenis bahan tersebut tentunya memiliki kekuatan yang berbeda-beda satu dan lainnya.

C. Hubungan Antara Jenis Bahan Penyusun Benda dengan
Sifatnya
Benda yang memiliki bahan penyusun yang berbeda tentu akan memiliki sifat yang berbeda pula. Sifat benda tersebut meliputi kekuatan, kelenturan, tahan panas, penghantar listrik, dan lain-lain. Pada kegiatan sebelumnya kamu telah menunjukkan adanya perbedaan kekuatan antara benang yang terbuat dari bahan nilon, wol, dan kapas.

Categories:

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.